Sabtu, 31 Agustus 2013

SILABUS PAI SMP KELAS 7 KUR.2013

SILABUS MATA PELAJARAN:  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Satuan pendidikan    :  SMP
Kelas                           :  VII(Tujuh)
Kompetensi Inti*       : 

KI  1:  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI  3: Memahami  pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu   pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait penomena dan kejadian yang tampak  mata).
KI  4: Mencoba,mengolah,  dan menyaji, dalam ranah konkret( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)   dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan  sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori).

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.1       Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman.
1.2       Beriman kepada Allah SWT
1.3       Beriman kepada malaikat Allah SWT
1.4       Menerapkan ketentuan bersuci dari hadats kecil dan hadats besar berdasarkan syariat Islam
(Usulan staf khusus terkait dengan masalah haid sudah diakomodir pada kelas 4 SD/MI)
1.5       Menunaikan  shalat wajib berjamaah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.6       Menunaikan shalat Jumat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Jumu‘ah (62): 9
1.7       Menunaikan shalat jamak qasar ketika bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi dari pemahaman ketaatan beribadah





2.1       Menghargai perilaku jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 42 dan hadis terkait
2.2       Menghargai perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan hadis terkait
2.3         Menghargai perilaku empati terhadap sesama sebagai implementasi dari Q.S. An-Nisa (4): 8 dan hadis terkait
2.4       Menghargai perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadis terkait
2.5       Menghargai perilaku amanah sebagai implementasi dari Q.S. Al-Anfal (8): 27 dan hadis terkait
2.6       Menghargai perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman QS Al-Ahqaf (46): 13 dan hadis terkait
2.7       Menghargai perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah (Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir) dan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 serta hadis terkait
2.8       Meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah
2.9       Meneladani sikap terpuji khulafaurrasyidin





3.3    Memahami  isi kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33, serta hadi¡ terkait tentang menuntut ilmu.
4.3.1   Membaca Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33, dengan tartil
4.3.2  Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33    dengan lancar

1.      Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
1.1.  Bacaan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
1.2.  Arti Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
1.3.  Kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33
2.      Hukum bacaan Mad
2.1.  Ketentuan hukum bacaan mad.
2.2.  Praktik membaca  hukum bacaan mad.


























Mengamati
·      Mencermati bacaan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
·      Menyimak dan membaca Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 serta hadis tentang semangat menuntut ilmu.
·      Menyimak penjelasan  tentang hukum bacaan mad

Menanya
·      Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan tentang pentingnya belajar Al-Qur’an, apa manfaat belajar ilmu tajwid, atau pertanyaan lain yang relevan.
·      Mengajukan pertanyaan mengenai hukum bacaan mad.
Eksperimen/explore
·       Secara berkelompok mencari dan mengumpulkan lafadz yang mengandung hukum bacaan mad di dalam mushaf Al-Qur’an.
·      Diskusi menyusun arti kata Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 menjadi terjemah secara utuh.
·      Secara berpasangan menghafalkan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
Asosiasi
·      Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pengumpulan lafadz yang mengandung bacaan mad.
·      Menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan
Mengidentifikasi  dan menganalisis lafaz yang mengandung hukum bacaan mad yang terdapat pada Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
Komunikasi
·      Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
·      Menyajikan paparan hasil pencarian hukum bacaan mad dalam Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
·      Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
·      Menanggapi paparan kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.
·      Menyusun kesimpulan kandungan ayat dengan bimbingan guru.


Tugas
·       Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang memuat sikap senang belajar dan mempelajari Al Qur’an
·       Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku yang mencerminkan kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 di lingkungan sekolah atau tempat tinggal.

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi (kandungan ayat dan hukum mad)
§  Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap kandungan ayat tentang semangat menuntut ilmu serta hukum bacaan mad)
·        Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
·      Membuat paparan tentang kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 dan Hadis terkait.
·      Membuat paparan anaisis dan identifikasi hukum bacaan mad dalam Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33
Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·      Tes lisan hafalan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33.


4 x 3 Jam Pelajaran






























·   Mushaf Al Qur’an
·   Buku siswa Kemdikbud
·   Gambar/ video/ multimedia interaktif
·   Internet















3.5  Memahami  isi kandungan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, serta hadis terkait tentang ikhlas, sabar dan pemaaf.
4.5.1     Membaca Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dengan tartil
4.5.2    Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134,   dengan lancar

1.  Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.
1.1.   Bacaan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.
1.2.   Arti  Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.
1.3.   Kandungan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134

2.  Hukum bacaan nun sukun dan tanwin
2.1.Pengertian hukum bacaan nun sukun dan tanwin.
2.2.   Macam-macam hukum bacaan nun sukun dan tanwin.
2.3.   Praktik hukum bacaan nun sukun dan tanwin.




























Mengamati
·   Mengamati gambar atau tayangan untuk memotivasi semangat membaca dan mengkaji Al-Qur’an.
·   Menyimak dan membaca Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 tentang ikhlas, sabar dan pemaaf.
·   Menyimak penjelasan tentang hukum bacaan nun sukun dan tanwin.
.
Menanya
·   Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan tentang pentingnya belajar Al-Qur’an, apa manfaat belajar ilmu tajwid, atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual.
·   Mengajukan pertanyaan mengenai hukum bacaan nun sukun dan tanwin.

Eksperimen/explore
·   Secara berkelompok mencari dan mengumpulkan macam-macam hukum bacaan nun sukun dan tanwin di dalam mushaf Alquran.
·   Diskusi menyusun arti perkata Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 menjadi terjemah secara utuh.
·   Secara berpasangan menghafalkan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.

Asosiasi
·   Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pengumpulan  contoh-contoh hukum bacaan nun sukun dan tanwin.
·   Menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.
·   Mengidentifikasi dan menganalisis hukum bacaan nun sukun dan tanwin dalam Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.

Komunikasi
·   Menyajikan paparan hasil pencarian hukum bacaan nun sukun dan tanwin dalam Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.
·   Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi kandungan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.
·   Menanggapi paparan kandungan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.
·   Menyusun kesimpulan kandungan ayat dengan bimbingan guru.

Tugas
·   Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku-perilaku yang mencerminkan isi kandungan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 tentang ikhlas, sabar dan pemaaf di lingkungan tempat tinggal kalian.


Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi (kandungan ayat dan hukum bacaan nun sukun dan tanwin).
§  Sikap yg ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap kandungan ayat tentang ikhlas, sabar dan pemaaf dan hukum bacaan nun sukun dan tanwin).

Portofolio
·       Membuat paparan tentang kandungan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 dan hadi¡ terkait.
·       Membuat paparan anaisis dan identifikasi hukum bacaan nun sukun dan tanwin dalam Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.

Tes
·       Tes kemampuan kognitif  dengan bentuk tes  soal – soal pilihan ganda dan uraian.
·       Tes lisan hafalan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134.




4 x 3 Jam Pelajaran






























·   Buku siswa Kemdikbud
·   Mushaf Al-Quran
·   Gambar/ video/ multimedia interaktif
·   Internet

3.1    Memahami  makna Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
4.1  Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani  al-Asmaul-Husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.

1.    Iman Kepada Allah Swt.
1.1.  Pengertian iman kepada Allah Swt.
1.2.  Dalil naqli tentang iman kepada Allah Swt.
2.    Makna al-Asmaul husnaAl-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
2.1.   Pengertian al-Asmaul husna
2.2.   Makna al-Asmaul husnaAl-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
2.3.   Perilaku al-Asmaul husnaAl-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dalam kehidupan sehari-hari.



Mengamati
·   Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada Allah Swt.
·   Menyimak dan membaca penjelasan mengenai iman kepada Allah Swt.
·   Membaca dalil naqli tentang iman kepada Allah Swt. beserta artinya.

Menanya
·   Melalui motivasi dari guru, peserta didik mengajukan pertanyaan tentang iman kepada Allah Swt.
·   Mengajukan pertanyaan mengenai Iman kepada  Allah Swt. atau pertanyaan lain yang relevan dan kontekstual.

Eksperimen/explore
·   Mencari dalil naqli yang menjelaskan iman kepada Allah Swt.
·   Secara berkelompok mengumpulkan contoh-contoh nyata perilaku yang al-Asmaul husnaAl-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
·   Mendiskusikan makna al-Asmaul husnaAl-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
Asosiasi
·   Menganalisis iman kepada Allah Swt.
·   Menganalisis  nama-nama Allah didalam  al-Asmaul husnaAl-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.

Komunikasi
·   Mendemonstrasikan bacaan dalil naqli beserta artinya yang menunjukkan tentang iman kepada Allah Swt.
·   Menyajikan paparan tentang makna al-Asmaul husnaAl-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
·   Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan tentang al-Asmaul husnaAl-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
·   Menyusun kesimpulan.


Tugas
·      Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul husnaAl-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir di lingkungan sekolah atau tempat tinggal.


Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi (iman kepada Allah Swt.)
§  Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok.
Portofolio
·       Membuat paparan iman kepada Allah Swt.
·   Membuat paparan analisis makna al-Asmaul husnaAl-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.

Tes
·       Tes kemampuan kognitif  dengan bentuk tes  soal – soal pilihan ganda dan uraian.

3 x 3 Jam Pelajaran

·   Buku siswa Kemdikbud
·   Gambar/ video/ multimedia interaktif
·   Internet

3.2.  Memahami makna iman kepada malaikat  berdasarkan dalil naqli
4.2 .  Menyajikan contoh perilaku  yang mencerminkan  iman kepada malaikat.

1.   Iman kepada Malaikat Allah Swt.
1.1.   Pengertian iman kepada Malaikat Allah Swt.
1.2.   Nama-nama dan tugas Malaikat
2.   Makna iman kepada malaikat  berdasarkan dalil naqli.
2.1.  Makna iman kepada   malaikat  berdasarkan dalil naqli.
2.2.   Perilaku orang yang beriman kepada malaikat Allah Swt.










Mengamati
·   Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada malaikat Allah Swt.
·   Menyimak dan membaca penjelasan mengenai iman kepada malaikat Allah Swt.
·   Membaca dalil naqli tentang iman kepada malaikat Allah Swt. beserta artinya.

Menanya
·   Melalui motivasi dari guru, peserta didik mengajukan pertanyaan tentang nama-nama malaikat Allah yang wajib diketahui beserta tugasnya.
·   Mengajukan pertanyaan mengenai manfaat beriman kepada malaikat Allah Swt. dalam kehidupan sehari-hari.

Eksperimen/explore
·   Mencari dalil naqli yang menjelaskan iman kepada malaikat Allah Swt.
·   Secara berkelompok mengumpulkan contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat Allah Swt.
·   Mendiskusikan makna beriman kepada malaikat Allah Swt.

Asosiasi
·   Menganalisis contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat Allah Swt dalam kehidupan sehari-hari.
·   Menganalisis makna beriman kepada malaikat Allah Swt. Dalam kehidupan sehari-hari.

Komunikasi
·   Menyajikan paparan contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat Allah Swt dalam kehidupan sehari-hari.
·   Menyajikan paparan makna beriman kepada malaikat Allah Swt. Dalam kehidupan sehari-hari.
·   Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki.
·   Menyusun kesimpulan.

Tugas
·       Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat Allah di lingkungan tempat tinggal kalian.

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi (Mendiskusikan contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat Allah Swt.)
§  Sikap yg ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok.

Portofolio
·       Membuat paparan contoh perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat Allah Swt dalam kehidupan sehari-hari.
·       Membuat paparan  makna beriman kepada malaikat Allah Swt. Dalam kehidupan sehari-hari

Tes
·       Tes kemampuan kognitif  dengan bentuk tes  soal – soal pilihan ganda dan uraian.
3x 3 Jam Pelajaran

·   Buku siswa Kemdikbud
·   Gambar/ video/ multimedia interaktif
·   Internet

3.6    Memahami makna tentang perilaku amanah sebagai implementasi dari Q.S. al-Anfal/8: 27  dan hadis terkait.
3.7    Memahami  makna tentang perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46: 13  dan hadis terkait.
4.3    Mencontohkan  perilaku amanah sebagai implementasi dari Q.S. al-Anfal/8: 27  dan hadis terkait
4.5    Mencontohkan perilaku Istiqamah sesuai kandungan Q.S. al- Ahqaf/46: 13  dan hadis terkait.
1.    Jujur
1.1.Pengertian jujur
1.2.Contoh perilaku jujur
1.3.Hikmah atau manfaat jujur.
2.    Amanah
2.1. Pengertian amanah
2.2. Contoh perilaku amanah
2.3. Hikmah atau manfaat amanah.

3.     Istiqamah
3.1   Pengertian istiqamah
3.2   Contoh perilaku istiqamah
3.3   Hikmah atau manfaat Istiqamah




























Mengamati
·   Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan jujur, amanah, dan istiqamah.
·   Menyimak dan membaca penjelasan mengenai jujur, amanah, dan istiqamah.


Menanya
·   Dengan dipandu guru  mengajukan pertanyaan tentang cara menumbuhkan jujur, amanah, dan istiqamah.
·   Mengajukan pertanyaan tentang manfaat perilaku jujur, amanah, dan istiqamah, atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual.

Eksperimen/explore
·   Secara berkelompok mencari contoh-contoh nyata jujur, amanah, dan istiqamah dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai sumber.
·   Mendiskusikan dan mengelompokkan data dan informasi tentang kesuksesan yang diawali dari sikap jujur, amanah, dan istiqamah.

Asosiasi
·   Menganalisis perilaku jujur dalam kehidupan  sehari-hari.
·   Menganalisis perilaku amanah dalam kehidupan  sehari-hari.
·   Menganalisis perilaku Istiqamah dalam kehidupan  sehari-hari.

Komunikasi
·   Memaparkan hubungan antara jujur, amanah, dan istiqamah dalam kehidupan sehari-hari.
·   Mendemontrasikan/mensosiodramakan contoh perilaku jujur, amanah, dan istiqamah.
·   Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan.
·   Menyusun kesimpulan.

Tugas
·   Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku jujur, amanah, dan istiqamah di lingkungan tempat tinggal

Observasi
·   Mengamati pelaksanaan sosiodrama perilaku jujur, amanah, dan istiqamah dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  kejelasan materi (jujur, amanah, dan istiqamah).
§  penghayatan
§  kerjasama.
·   Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi (jujur, amanah, dan istiqamah).
§  Sikap yg ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok.

Portofolio
·   Membuat paparan diagram hubungan jujur, amanah, dan istiqamah dalam kehidupan sehari-hari.

Tes
·       Tes kemampuan kognitif  dengan bentuk tes  soal – soal pilihan ganda dan uraian.

3 x 3 Jam Pelajaran




























·   Buku siswa Kemdikbud
·   Gambar/ video/ multimedia interaktif
·   Internet
·   Media cetak

3.3.  Memahami makna empati terhadap sesama sesuai kandungan Q.S. an-Nisa/4: 8 dan hadi¡ terkait.
4.3 Mencontohkan perilaku empati terhadap sesama sesuai kandungan Q.S. An-Nisa (4): 8 dan hadis terkait.

1.        Empati,
1.1.       Pengertian empati.
1.2.       Pentingnya empati.
1.3.       Dalil naqli tentang empati dan artinya.
1.4.       Hikmah empati dalam kehidupan sehari-hari.
2.        Hormat kepada kedua orang tua
2.1.   Pengertian hormat kepada kedua orang tua.
2.2.   Dalil naqli tentang hormat kepada orang tua dan artinya.
2.3.   Cara hormat kepada kedua orang tua.

3.        Hormat kepada  guru
3.1.  Pengertian hormat kepada guru.
3.2. Dalil naqli tentang hormat kepada guru dan artinya.
3.3. Cara hormat kepada guru.






















Mengamati
·   Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan empati,hormat terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari.
·   Menyimak dan membaca penjelasan mengenai empati,hormat terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari.


Menanya
·   Dengan dipandu guru  mengajukan pertanyaan tentang cara menumbuhkan sikap empati,hormat terhadap orang tua dan guru.
·   Mengajukan pertanyaan mengenai manfaat sikap empati. empati,hormat terhadap orang tua dan guru .
Eksperimen/explore
·   Secara berkelompok mencari contoh-contoh nyata sikap empati di sekolah dan di masyarakat.
·   Mendiskusikan dan mengelompokkan data dan informasi tentang manfaat yang ditimbulkan oleh sikap empati,hormat terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari.

Asosiasi
·   Menganalisis dan menyimpulkan empati,hormat terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari
·   Menganalisis  dan menyimpulkan hormat terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari.

Komunikasi
·   Mensosiodramakan perilaku empati,hormat kepada kedua orang tua dan guru.
·   Memaparkan  pentingnya  perilaku empati dalam  hidup bermasyarakat, dan bernegara.
·   Memaparkan pentingnya hormat dengan orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari.
·   Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan.
·   Menyusun kesimpulan.

Tugas
·       Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku empati, hormat kepada orang tua dan guru yang ada di lingkungan tempat tinggal kalian.

Observasi
·   Mengamati pelaksanaan sosiodrama perilaku empati, hormat kepada orang tua dan guru menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  kejelasan materi (empati, hormat kepada orang tua dan guru).
§  penghayatan
§  kerjasama.
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi (empati, hormat kepada orang tua dan guru)
§  Sikap yg ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok.


Portofolio
·       Membuat paparan pentingnya  perilaku empati dalam  hidup bermasyarakat, dan bernegara, serta perilaku hormat kepada orang tua dan guru.

Tes
·       Tes kemampuan kognitif  dengan bentuk tes  soal – soal pilihan ganda dan uraian.
3 x 3 Jam Pelajaran




























·   Buku siswa Kemdikbud
·   Mushaf Al Qur’an
·   Gambar/ video/ multimedia interaktif
·   Internet
·   Media cetak

3.8  Memahami ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar
4.6   Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadas  kecil dan hadas besar.

1.        Ketentuan  bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
1.1.       Pengertian  ¯ah±rah
1.2.       Macam-macam hadas
1.3.       Macam-macam najis
1.4.       Tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
1.5.       Hikmah   ¯ah±rah.



Mengamati
·   Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan kebersihan.
·   Menyimak dan membaca penjelasan mengenai  ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
·   Membaca dalil naqli mengenai ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.

Menanya
·   Dengan dimotivasi  oleh guru  mengajukan pertanyaan tentang ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
·   Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.

Eksperimen/explore
·   Secara berkelompok mencari data dari berita atau informasi tentang  ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
·   Mendiskusikan tata cara  bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
·   Mendiskusikan manfaat bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.

Asosiasi
·   Membuat analisis tata cara bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
·   Merumuskan manfaat bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.

Komunikasi
·   Mendemonstrasikan praktik bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
·   Menyajikan paparan bagan tentang ketentuan  bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
·   Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar
·   Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
·   Merumuskan kesimpulan.

Tugas
·   Menuliskan hasil pengamatan terhadap  perilaku-perilaku yang selalu memperhatikan yang memperhatikan kesucian baik hadas maupun najis di lingkungan tempat tinggalnya.

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi (bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar).
§  Sikap yg ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok.

Portofolio
·   Membuat paparan bagan alur tata cara bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
·   Membuat paparan  manfaat bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar dalam kehidupan sehari-hari.

Tes
·       Tes kemampuan kognitif  dengan bentuk tes  soal – soal pilihan ganda dan uraian.
·       Tes kemampuan psikomotorik dengan unjuk kerja tentang  ¯ay±mum/wu«ยต

3 x 3 Jam Pelajaran




·   Buku siswa Kemdikbud
·   Gambar/ video/ multimedia interaktif
·   Internet
·   Media cetak

3.9  Memahami ketentuan shalat berjamaah
4.8  Mempraktikkan shalat berjamaah

1.   ¢alat wajib berjamaah
1.1.               Pengertian shalat berjamaah
1.2.Dalil naqli mengenai shalat berjamaah
1.3.Ketentuan  shalat berjamaah
1.4.Tata cara shalat berjamaah
1.5.Hikmah shalat berjamaah














Mengamati
·   Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan shalat berjamaah.
·   Menyimak dan membaca penjelasan mengenai  tata cara shalat berjamaah.
·   Membaca dalil naqli mengenai shalat berjamaah.

Menanya
·   Dengan dimotivasi  oleh guru  mengajukan pertanyaan tentang ketentuan shalat berjamaah.
·   Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara pelaksanaan shalat berjamaah.

Eksperimen/explore
·   Secara berkelompok mencari data dari berita atau informasi tentang  ketentuan shalat berjamaah.
·   Mendiskusikan tata cara  shalat berjamaah.
·   Mendiskusikan manfaat shalat berjamaah.

Asosiasi
·   Membuat analisis tata cara shalat berjamaah.
·   Membuat analisis tentang halangan shalat berjamaah.
·   Merumuskan manfaat shalat berjamaah.

Komunikasi
·   Mendemonstrasikan praktik shalat berjamaah.
·   Menyajikan paparan bagan tentang ketentuan  shalat berjamaah.
·   Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat shalat berjamaah.
·   Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
·   Merumuskan kesimpulan.
Tugas
·   Menuliskan hasil pengamatan terhadap  ciri-ciri orang yang rajin melaksanakan shalat berjamaah di lingkungan tempat tinggal.

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi (shalat berjamaah).
§  Sikap yg ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok.

Portofolio
·   Membuat paparan bagan alur tata cara shalat berjamaah.
·   Membuat paparan  manfaat shalat berjamaah.

Tes
·       Tes kemampuan kognitif  dengan bentuk tes  soal – soal pilihan ganda dan uraian.
·       Tes kemampuan psikomotorik dengan unjuk kerja tentang  shalat berjamaah
3 x 3 Jam Pelajaran













·   Buku siswa Kemdikbud
·   Gambar/ video/ multimedia interaktif
·   Internet
·   Media cetak

3.10  Memahami ketentuan shalat Jumat
4.9    Mempraktikkan shalat Jumat

1.    ¢alat Jumat
1.1.Pengertian shalat Jumat
1.2. Dalil naqli mengenai shalat Jumat
1.3.Ketentuan shalat Jumat
1.4.Tata cara shalat Jumat
1.5.Hikmah shalat Jumat












Mengamati
·   Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan shalat Jumat.
·   Menyimak dan membaca penjelasan mengenai  tata cara shalat Jumat.
·   Membaca dalil naqli mengenai shalat Jumat.

Menanya
·   Dengan dimotivasi  oleh guru  mengajukan pertanyaan tentang ketentuan shalat Jumat.
·   Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara pelaksanaan shalat Jumat.

Eksperimen/explore
·   Secara berkelompok mencari data dari berita atau informasi tentang  ketentuan shalat Jumat.
·   Mendiskusikan tata cara  shalat Jumat.
·   Mendiskusikan manfaat shalat Jumat.

Asosiasi
·   Membuat analisis tata cara shalat Jumat.
·   Membuat analisis tentang halangan shalat Jumat.
·   Merumuskan manfaat shalat Jumat.

Komunikasi
·   Mendemonstrasikan praktik shalat Jumat.
·   Menyajikan paparan bagan tentang ketentuan shalat Jumat.
·   Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat shalat Jumat.
·   Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
·   Merumuskan kesimpulan.
Tugas
·   Menuliskan hasil pengamatan terhadap   orang yang rajin melaksanakan shalat Jumat di lingkungan tempat tinggal.

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi (shalat Jumat).
§  Sikap yg ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok.

Portofolio
·   Membuat paparan bagan alur tata cara shalat Jumat.
·   Membuat paparan  manfaat shalat Jumat.

Tes
·       Tes kemampuan kognitif  dengan bentuk tes  soal – soal pilihan ganda dan uraian.
·       Tes kemampuan psikomotorik dengan unjuk kerja tentang  shalat Jumat.
3 x 3 Jam Pelajaran













·   Buku siswa Kemdikbud
·   Gambar/ video/ multimedia interaktif
·   Internet

3.11  Memahami ketentuan shalat jamak qasar
4.7    Mempraktikkan shalat shalat jamak qasar
1.  ¢alat jamak qasar
1.1.Pengertian shalat jamak qasar
1.2. Dalil naqli mengenai shalat jamak qasar
1.3.Ketentuan shalat jamak qasar
1.4.Tata cara shalat jamak qasar
1.5.Hikmah shalat jamak qasar











Mengamati
·   Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan shalat jamak qasar.
·   Menyimak dan membaca penjelasan mengenai  tata cara shalat jamak qasar.
·   Membaca dalil naqli mengenai shalat jamak qasar.

Menanya
·   Dengan dimotivasi  oleh guru  mengajukan pertanyaan tentang ketentuan shalat jamak qasar.
·   Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara pelaksanaan shalat jamak qasar.

Eksperimen/explore
·   Secara berkelompok mencari data dari berita atau informasi tentang  ketentuan shalat jamak qasar.
·   Mendiskusikan tata cara shalat jamak qasar.
·   Mendiskusikan manfaat shalat jamak qasar.

Asosiasi
·   Membuat analisis tata cara shalat jamak qasar.
·   Membuat analisis syarat shalat jamak qasar.
·   Merumuskan manfaat shalat jamak qasar.

Komunikasi
·   Mendemonstrasikan praktik shalat jamak qasar.
·   Menyajikan paparan bagan tentang ketentuan shalat jamak qasar.
·   Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat shalat jamak qasar.
·   Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
·   Merumuskan kesimpulan.
Tugas
·   Tuliskan pengalaman kalian dalam melaksanakan shalat jamak qasar.

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi (shalat jamak qasar).
§  Sikap yg ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok.

Portofolio
·   Membuat paparan bagan alur tata cara shalat jamak qasar.
·   Membuat paparan  manfaat shalat jamak qasar.

Tes
·       Tes kemampuan kognitif  dengan bentuk tes  soal – soal pilihan ganda dan uraian.
·       Tes kemampuan psikomotorik dengan unjuk kerja tentang  shalat jamak qasar.
3 x 3 Jam Pelajaran













·   Buku siswa Kemdikbud
·   Gambar/ video/ multimedia interaktif
·   Internet

3.12 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw. Periode Mekah
4.7       Menyajikan  strategi perjuangan  yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. periode Mekah

1.    Sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw. periode Mekah
1.1. Kelahiran nabi Muhammad Saw.
1.2. Nabi Muhammad Saw. diangkat menjadi rasul
1.3. Dakwah nabi Muhammad di Mekah




Mengamati
·   Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perjuangan Nabi Muhammad Saw. periode Mekah.
·   Menyimak dan membaca penjelasan mengenai perjuangan Nabi Muhammad Saw. periode Mekah.

Menanya
·   Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan bagaimana keadaan Mekah sebelum datangnya nabi Muhammad Saw.?
·   Mengajukan pertanyaan terkait kronologi diangkatnya nabi Muhammad Saw. Menjadi rasul  atau pertanyaan lain yang relevan.

Eksperimen/explore
·   Mendiskusikan sejarah kelahiran  Nabi Muhammad Saw. berdasarkan data dari berbagai sumber.
·   Mendiskusikan  sejarah Nabi Muhammad Saw. diangkat menjadi rasul
berdasarkan data dari berbagai sumber.
·   Mendiskusikan dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah.


Asosiasi
·   Melakukan analisis kronologi sejarah kelahiran Nabi Muhammad Saw.  dalam bentuk membuat diagram alur.
·   Melakukan analisis kronologi sejarah Nabi Muhammad Saw. diangkat menjadi rasul dalam bentuk membuat diagram alur.
·   Melakukan analisis dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah dalam bentuk membuat diagram alur..

Komunikasi
·   Menyajikan paparan  kronologi sejarah kelahiran  Nabi Muhammad Saw. dalam bentuk membuat diagram alur.
·   Menyajikan paparan  kronologi sejarah diangkatnya Nabi Muhammad Saw. sebagai rasul dalam bentuk membuat diagram alur.
·   Menyajikan paparan  analisis dakwah yang dilakukan rasul di Mekah dalam bentuk membuat diagram alur.
·   Menanggapi pertanyaan.
·   Menyusun kesimpulan.

Tugas
·   Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku-perilaku yang dapat dijadikan hikmah dan pelajaran bagi kita dari sejarah Islam Periode Mekah

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi (sejarah perjuangan Islam periode Mekah)
§  Sikap yg ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok.

Portofolio
·       Membuat paparan kronologi sejarah perkembangan Islam periode Mekah yang diwujudkan dalam bentuk membuat diagram alur.

Tes
·       Tes kemampuan kognitif  dengan bentuk tes  soal – soal pilihan ganda dan uraian

2 x 3 Jam Pelajaran











·   Buku siswa Kemdikbud
·   Gambar/ video/ multimedia interaktif
·   Internet
·   Peta Mekah

3.13  Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW Periode Madinah dan Madinah.
4.13      Menyajikan  strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. periode Madinah.


























1.    Sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw. periode Madinah
1.1. sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah.
1.2. peristiwa Nabi Muhammad Saw. hijrah
1.3. Dakwah nabi Muhammad di Madinah




Mengamati
·   Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perjuangan Nabi Muhammad Saw. periode Madinah.
·   Menyimak dan membaca penjelasan mengenai perjuangan Nabi Muhammad Saw. periode Madinah.

Menanya
·   Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan bagaimana sikap masyarakat Madinah dalam menyambut datangnya Nabi Muhammad Saw.?
·   Mengajukan pertanyaan terkait kronologi sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah atau pertanyaan lain yang relevan.

Eksperimen/explore
·   Mendiskusikan sejarah sebab-sebab   Nabi Muhammad Saw. hijrah berdasarkan data dari berbagai sumber.
·   Mendiskusikan  peristiwa Nabi Muhammad Saw. hijrah.
    berdasarkan data dari berbagai sumber.
·   Mendiskusikan dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah.

Asosiasi
·   Melakukan analisis kronologi sejarah sebab-sebab   Nabi Muhammad Saw. hijrah dalam bentuk membuat diagram alur.
·   Melakukan analisis kronologi peristiwa Nabi Muhammad Saw. hijrah dalam bentuk membuat diagram alur.
·   Melakukan analisis dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah dalam bentuk membuat diagram alur.

Komunikasi
·   Menyajikan paparan  kronologi sejarah sebab-sebab   Nabi Muhammad Saw. hijrah dalam bentuk membuat diagram alur.
·   Menyajikan paparan  kronologi peristiwa Nabi Muhammad Saw. hijrah dalam bentuk membuat diagram alur.
·   Menyajikan paparan  analisis dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah dalam bentuk membuat diagram alur.
·   Menanggapi pertanyaan.
·   Menyusun kesimpulan.

Tugas
·   Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku-perilaku yang dapat dijadikan hikmah dan pelajaran bagi kita dari sejarah Islam Periode Madinah.

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi (sejarah perjuangan Islam periode Madinah)
§  Sikap yg ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok.

Portofolio
·       Membuat paparan kronologi sejarah perkembangan Islam periode Madinah yang diwujudkan dalam bentuk membuat diagram alur.

Tes
·       Tes kemampuan kognitif  dengan bentuk tes  soal – soal pilihan ganda dan uraian

1 x 3 Jam Pelajaran











·   Buku siswa Kemdikbud
·   Gambar/ video/ multimedia interaktif
·   Internet
·   Peta Madinah

3.14  Mengetahui sikap terpuji khulafaurrasyidin
4.14  Mencontohkan perilaku terpuji dari khulafaurrasyidin



1.        Sikap terpuji khulafaurrasyidin
1.1.Khalifah Abu Bakar as-Siddiq
1.2.Khalifah Umar bin Khatab
1.3.Khalifat Usman bin Affan
1.4.Khalifah Ali bin Abi Thalib










Mengamati
·   Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan sikap terpuji khulafaurrasyidin.
·   Menyimak dan membaca penjelasan mengenai sikap terpuji khulafaurrasyidin.

Menanya
·   Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan bagaimana sikap yang dimiliki oleh khulafaurrasyidin?
·   Mengajukan pertanyaan terkait kronologi kepemimpinan khulafaurrasyidin atau pertanyaan lain yang relevan.

Eksperimen/explore
·   Mendiskusikan kepemimpinan Abu bakar as-Sidiq berdasarkan data dari berbagai sumber.
·   Mendiskusikan  kepemimpinan Umar bin Khatab berdasarkan data dari berbagai sumber.
·   Mendiskusikan kepemimpinan Usman bin Affan berdasarkan data dari berbagai sumber.
·    Mendiskusikan kepemimpinan Ali bin Abi Thalib berdasarkan data dari berbagai sumber


Asosiasi
·   Melakukan analisis  kepemimpinan Abu bakar as-Sidiq dalam bentuk membuat diagram alur.
·   Melakukan analisis kepemimpinan Umar bin Khatab dalam bentuk membuat diagram alur.
·   Melakukan analisis kepemimpinan Usman bin Affan dalam bentuk membuat diagram alur.
·   Melakukan analisis kepemimpinan Ali bin Abi Thalib dalam bentuk membuat diagram alur.

Komunikasi
·   Menyajikan paparan  kepemimpinan Abu Bakar as-Sidiq dalam bentuk membuat diagram alur.
·   Menyajikan paparan kepemimpinan Umar bin Khatab dalam bentuk membuat diagram alur.
·   Menyajikan paparan kepemimpinan Usman bin Affan dalam bentuk membuat diagram alur.
·   Menyajikan paparan kepemimpinan Ali bin Abi Thalib dalam bentuk membuat diagram alur.
·   Menanggapi pertanyaan.
·   Menyusun kesimpulan.

Tugas
·   Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku-perilaku yang dapat dijadikan hikmah dan pelajaran bagi kita dari sikap terpuji khulafaurrasyidin.

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi ( sikap terpuji khulafaurrasyidin)
§  Sikap yg ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok.

Portofolio
·       Membuat paparan sikap terpuji khulafaurrasyidin yang diwujudkan dalam bentuk membuat diagram alur.

Tes
·       Tes kemampuan kognitif  dengan bentuk tes  soal – soal pilihan ganda dan uraian

1 x 3 Jam Pelajaran











































·   Buku siswa Kemdikbud
·   Gambar/ video/ multimedia interaktif
·   Internet
·   Peta Timur Tengah